Info Seputar Cincin Perak, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawatnya

Ada banyak pilihan logam yang tersedia untuk membuat perhiasan, salah satunya adalah perak/silver. Perak adalah logam yang paling putih, paling lunak, dan paling konduktif. Perak bisa di gunakan untuk membuat cincin dengan kadar 92.5% . Karena jika kadar perak terlalu tinggi akan lunak dan sulit di bentuk.

Kelebihan Cincin Perak

Budget Banyak orang yang memilih cincin kawin perak karena harganya yang lebih murah dibanding logam lainnya. Hal ini tentunya sangat membantu untuk pasangan yang memiliki budget tebatas untuk pernikahannya.

Mudah Dibentuk Tidak hanya budget, keunggulan lain dari perak adalah mudah untuk dibentuk, disolder dan dipoles. Perak juga bahan yang bagus untuk diberikan tekstur. Jika cincin kawin impian kamu memilih bentuk atau tekstur yang rumit, maka perak adalah pilihan yang tepat untuk kamu dan pasangan.

Kekurangan Cincin Perak

Daya Tahan Perak adalah logam yang sangat lunak dan mudah tergores serta berubah bentuk. Oleh karena itu jika Anda memiliki pekerjaan atau kegiatan yang akan memberikan banyak tekanan pada cincin, sebaiknya kamu mencari cincin kawin dengan logam yang lebih kuat, misalnya emas putih atau platinum. Pada dasarnya, semua logam akan memudar seiring dengan berjalannya waktu, hanya saja logam perak memudar lebih cepat dibanding logam lainnya.

Lapisan Akhir Mudah Hilang Perak sangatlah cocok dengan lapisan akhir mana pun, mulai dari putih mengkilap hingga keabu-abuan, high polish hingga soft satin. Warna selain dari silver pun juga bisa gold dan rose gold. Lapisan akhir apapun yang Anda pilih akan terlihat cantik di atas cincin kawin perak Anda.

Tetapi lapisan akhir ini tidaklah bertahan lama, terutama jika Anda menggunakan cincin kawin Anda setiap hari dan sering tergores dengan benda lain yang lebih keras. Goresan tersebut akan menghilangkan lapisan akhir cincin Anda dan meninggalkan bekas.

Cara Merawat

  • Tempatkan Cincin Perak terpisah dengan perhiasan lain dan simpanlah di tempat yang kering.
  • Hindari benda yang mengandung sulfur (sabun sulfur), menthol, zat chloride (air pada saat berenang), dan acid atau asem, karena perak dapat berubah warna.
  • Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.
  • Apabila Cincin perak berubah warna, gunakan pasta gigi berwarna putih, mama lemon/sunlight atau pembersih perak dan emas yang bebas dijual di supermarket.
  • Untuk perawatan dengan pasta gigi berwarna putih, mama lemon/sunlight, pertama sikat perhiasan dengan mengguanakan sikat gigi dan air sampai berbuih, lalu bilas dengan air bresih,kemudian lap perhiasan dengan kain lembut.
  • Bersihkan Cincin perak secara teratur dengan kain lembut agar selalu bersih dan tetap mengkilap

Semoga artikel Info Seputar Cincin Perak, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawatnya ini dapat membantu kalian ya….

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Seputar Info Tentang Cincin Palladium
Seputar Info Tentang Cincin Palladium

Sebagian dari kamu pasti masih sedikit asing dengan cincin palladium. Berbeda dengan cincin emas, cincin perak dan cincin titanium yang...

Close